Sabtu, 18 Juni 2016

Wudhu Ketika Puasa

Assalamu'alaikum. Kak cara wudhu rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam ketika di Bulan Ramadhan seperti apa? Apakah hidung, mulut, dan telinga tetap dibasuh? Jazakallah khairan katsiran.. Nida Nur Maulida

Wa'alaikumussalam, bismillah..
Kalimatnya kurang tepat sepertinya, karena hidung dan mulut bukan dibasuh. Dalam rukun wudhu kita disunnahkan untuk berkumur-kumur, juga beristinyaq (menghirup air kedalam hidung).

Lalu bagaimana hukumnya jika sedang berpuasa?
Adapun berkumur-kumur dan beristinsyaq (menghirup air dalam hidung) disyari’atkan (dibolehkan) bagi orang yang berpuasa dan hal ini disepakati oleh para ulama. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan para sahabat juga berkumur-kumur dan beristinsyaq ketika berpuasa. 
Akan tetapi Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam katakan pada Laqith bin Shabirah, "Bersungguh-sungguhlah dalam beristinsyaq (menghirup air dalam hidung) kecuali jika engkau berpuasa." (HR. Abu Daud no. 142, Tirmidzi no. 788, An-Nasa’i no. 114, Ibnu Majah no. 448. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini shahih).
"Yang dilarang saat puasa dalam hadits tersebut adalah dari berlebih-lebihan ketika istinsyaq." (Majmu’ah Al Fatawa, 25: 266)
Begitupun dengan berkumur-kumur, Asy-Syarbini rahimahullah mengatakan, "Menurut madzhab Syafi’i, jika seseorang berlebih-lebihan dalam berkumur-kumur dan menghirup air dalam hidung (istinsyaq) lantas air tadi masuk ke dalam tubuh, maka puasanya batal. Karena orang yang berpuasa dilarang dari berlebih-lebihan saat berkumur-kumur dan menghirup air dalam hidung sebagaimana telah dijelaskan dalam pembahasan wudhu. Namun jika tidak berlebih-lebihan lantas masuk air, tidak membatalkan puasa karena bukan kesengajaan." (Mughnil Muhtaj, 1: 629)
Jadi tetap disunnahkan untuk berkumur-kumur dan beristinsyaq ketika wudhu walaupun sedang berpuasa, asalkan tidak berlebih-lebihan dan tidak sengaja menelan airnya ketika berkumur-kumur. Sedangkan telinga yang dibasuh, ga ada sisi batalnya puasa karena membasuh telinga, bukankah membasuh itu bukan memasukan air? namun hanya dibasuh saja.
Wallahu a'lam bisshawab. Wa anti fa jazakillah khairan katsiran..


Related Articles