Senin, 20 Juni 2016

Dzikir Setelah Shalat Fardhu

Assalamualaikum Wr.Wb. boleh tau, doa apa saja yang kakak2 baca setelah shalat fardhu ? syukron. Wassalamualaikum Wr.Wb YEOL MATCHA

Wa'alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh,

Seperti yang Allah anjurkan atau perintahkan, yaitu berdzikir setelah shalat. Allah berfirman, "Maka apabila kamu telah menyelesaikan shalat(mu), berdzikirlah pada Allah." (QS. An Nisa’ [4] :103).

Berikut rangkaian dzikir yang dicontohkan Rasulullah Shalallahu 'alaihi wa sallam setelah shalat fardhu:

1. Setelah salam, membaca istigfar sebanyak tiga kali kemudian mengucapkan, "Allahumma antas salaam wa minkas salaam tabaarokta yaa dzal jalaali wal ikrom." Artinya, "Ya Allah, Engkau pemberi keselamatan, dan dariMu keselamatan, Maha Suci Engkau, wahai Tuhan Yang Pemilik Keagungan dan Kemuliaan." (HR. Muslim, no. 591)

2. Lalu membaca : "Laa ilaha illallah wahdahu laa syarika lah, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai-in qodiir. Allahumma laa maani’a limaa a’thoyta wa laa mu’thiya limaa mana’ta wa laa yanfa’u dzal jaddi minkal jaddu.

Artinya:
"Tiada Rabb yang berhak disembah selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya puji dan bagi-Nya kerajaan. Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu. Ya Allah, tidak ada yang mencegah apa yang Engkau berikan dan tidak ada yang memberi apa yang Engkau cegah. Tidak berguna kekayaan dan kemuliaan itu bagi pemiliknya (selain iman dan amal shalihnya yang menyelamatkan dari siksaan). Hanya dari-Mu kekayaan dan kemuliaan." (HR. Bukhari, Muslim no. 593, An-Nasa'i no.1341)

3. Membaca tasbih, tahmid dan takbir masing-masing 33 kali dan digenapkan menjadi seratus dengan membaca do'a setelahnya, sesuai hadits dari Abu Hurairah ra, bahwa Rasulullah Shalallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Barang siapa yang bertasbih sebanyak 33x, bertahmid sebanyak 33x, dan bertakbir sebanyak 33x setelah melaksanakan shalat fardhu sehingga berjumlah 99, kemudian menggenapkannya untuk yang keseratus dengan ucapan laa ilaha illallahu wahdahu laa syarikalahu lahul mulku walalhul hamdu wahuwa ‘ala kulli syai-in qodiir, maka kesalahannya akan diampuni meskipun sebanyak buih di lautan." (HR. Muslim no. 597).

4. Membaca ayat kursi, "Barang siapa yang membaca Ayat Kursi setiap selesai menunaikan shalat fardhu (wajib), maka tidak ada yang menghalanginya masuk surga selain kematian." (HR. Ath-Thabrani dalam Al-Mu’jamul Kabir, no. 7532, Shahih).

5. Membaca surat Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Nas. Dari Uqbah bin Amir radhiallahu ‘anhu berkata, "Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkanku agar membaca surat Al-Mu’awwidzat (Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas) setiap selesai menunaikan shalat." (HR. Abu Daud, no. 1523; Shahih Sunan Abi Daud, no.1348,Shahih).

Wallahu a'lam bisshawab ..




Related Articles