Selasa, 21 Juni 2016

Nuzulul Quran?

Assalamu'alaikum. Kang kalau keutamaan malam Nuzulul Qur'an itu apa ? Banyak yg BC ttg dzikir yg ujung2nya nyuruh nebarin BC lagi ke orang2 atas nama pahala. Btw, semoga blognya bermanfaat juga buat orang banyak 😊 R An-Nisa

Wa'alaikumussalam, bismillah..

Kita pahami dulu apa arti dari Nuzulul Qur'an, berdasarkan hadits dari Ibnu ‘Abbas yang menjelaskan mengenai nuzulul Qur’an, yaitu waktu diturunkannya permulaan Al Qur’an. 

Ibnu ‘Abbas berkata, “Al Qur’an secara keseluruhan diturunkan dari Lauhul Mahfuzh ke Baitul ‘Izzah di langit dunia. Lalu diturunkan berangsur-angsur kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam sesuai dengan peristiwa-peristiwa dalam jangka waktu 23 tahun." (HR. Thabari, An Nasai dalam Sunanul Kubro, Al Hakim dalam Mustadroknya, Al Baihaqi dalam Dalailun Nubuwwah. Hadits ini dishahihkan oleh Al Hakim).

Syaikh As Sa’di rahimahullah berkata, "Allah menjadikan permulaan turunnya Al Qur’an adalah di bulan Ramadhan di malam Lailatul Qadar." (Tafsir Al Karimir Rahman, hal. 931).

Jika dinyatakan bahwa Al Qur’an secara keseluruhan itu diturunkan di bulan Ramadhan pada malam Lailatul Qadar, maka klaim yang mengatakan bahwa Al Qur’an diturunkan pada 17 Ramadhan, jelas tidak benar. Karena Lailatul Qadar itu terjadi di sepuluh hari terakhir.

Tujuan Al Qur’an diturunkan bukanlah diperingati, yang terpenting adalah ditadabburi atau direnungkan sehingga bisa dipahami, mengambil ibrah dan selanjutnya agar bisa kita amalkan hukum-hukum di dalamnya.

"Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar." (QS. Al Qadr: 1-5).

Dalam surat Al Qadar disebutkan bahwa Allah menurunkan Al Qur’an pada malam Lailatul Qadar. Malam yang diberkahi sebagaimana disebutkan di surat Al-Baqarah ayat 185 dan surat Ad-Dukhan ayat 3.

Tidak pernah ada hadits Riwayat tentang malam Nuzulul Qur'an dan harus disebarkan dengan membaca dzikir-dzikir khusus didalamnya, seperti yang banyak beredar. Itu HADITS PALSU.

JANGAN menyebarkan hadits palsu tersebut, karena menyebarkan sesuatu atas nama Rasulullah Shalallahu 'alaihi wa sallam yang bukan perkataan beliau, tempatnya adalah di neraka.. naudzubillahi min dzalik.

Rasulullah Shalallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Barang siapa yang sengaja berdusta atas namaku maka hendaklah ia mengambil tempat tinggalnya di neraka." (HR. Bukhari juz 1 dan Muslim juz 1). Hadits ini statusnya shahih dan mutawatir (diriwayatkan dari banyak jalan).

Dan yang paling baik, adalah banyak mentaddaburi Al-Qur'an setiap hari. Sekali lagi, tujuan Al-Qur'an diturunkan adalah bukan untuk diperingati, namun untuk ditadabburi atau direnungkan sehingga dipahami, mengambil ibrah dan mengamalkan hukum-hukum di dalamnya.

Jazakillah khairan katsiran untuk do'anya :)


Related Articles