Senin, 20 Juni 2016

Haid Dilarang Keramas dan Potong Kuku?

Assalamualaikum kak satria Tolong jelasin hal apa aja yang gak boleh dilakuin saat lg haid dan aku msh bingung sebenarnya kita boleh keramas gak saat lg haid? Nurulll

Wa'alaikumussalam, Semestinya wanita wajib tau masalah ini.

Larangan yang pertama dan kedua adalah shalat dan puasa. Ini semua mungkin sudah tau. Para ulama sepakat bahwa diharamkan shalat dan puasa bagi wanita haid dan nifas, baik shalat wajib maupun shalat sunnah. Juga puasa wajib (Ramadhan), maupun puasa sunnah. 

Dan para Ulama pun sepakat bahwa wanita haid tidak mempunyai kewajiban shalat dan tidak perlu mengqadha' atau menggantinya setelah bersih dari haid. Sedangkan untuk puasa wajib (ramadhan), maka diwajibkan untuk meng-qadha nya di lain hari sejumlah yang ditinggalkan. 

Ini berdasarkan hadits dari Mu’adzah ra, ia pernah bertanya pada ‘Aisyah ra : "Kenapa gerangan wanita yang haid mengqadha’ puasa dan tidak mengqadha’ shalat?" Maka Aisyah menjawab, "Apakah kamu dari golongan Haruriyah?" Aku menjawab, "Aku bukan Haruriyah, akan tetapi aku hanya bertanya." Dia menjawab, "Kami dahulu juga mengalami haid, maka kami diperintahkan untuk mengqadha’ puasa dan tidak diperintahkan untuk mengqadha’ shalat’." (HR. Muslim no. 335).

Larangan ketiga adalah berhubungan intim (suami-istri), ini berdasarkan firman Allah (yang artinya): "Oleh sebab itu hendaklah kamu menjauhkan diri dari (hubungan intim dengan) wanita di waktu haid." (QS. Al Baqarah: 222). 

Larangan ke empat adalah Thawaf keliling Ka'bah. Dimana ketika ‘Aisyah ra haid saat haji, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda kepadanya, "Lakukanlah segala sesuatu yang dilakukan orang yang berhaji selain dari melakukan thawaf di Ka’bah hingga engkau suci." (HR. Bukhari no. 305 dan Muslim no. 1211)

Lalu yang ke lima, para Ulama sepakat DIBOLEHKAN nya membaca Al-Qur'an bagi wanita haid namun ada perbedaan pendapat tentang dilarang menyentuh langsung lembaran mushafnya. Bahasan lengkapnya bisa dibuka disini http://muslimpathway.blogspot.com/2016/06/wanita-haid-membaca-al-quran-bolehkah-2.html .


Lalu bolehkan wanita haid untuk keramas dan potong kuku?

Hukumya boleh, karena tidak ada dalil dari Al-Qur'an maupun dari Hadits yang melarang seorang wanita yang sedang haid memotong kuku dan rambutnya. Dan tidak ada perintah harus mengumpulkan rambut dan kuku lalu dimandikan ketika sudah suci dari haid. 

Seperti di riwayatkan Imam Bukhari dan Muslim yang mana ketika Aisyah ra haid pada waktu haji wada' .. TIDAK ADA kata-kata dari Rasulullah Shalallahu 'alaihi wa sallam untuk mengumpulkan rambut yang rontok untuk dimandikan ketika nantinya bersuci.

Rasulullah Shalallahu 'alaihi wa sallam bersabda kepadanya, "Bukalah ikatan rambutmu dan sisirlah. Lalu masuklah ke dalam ihram untuk mengikuti haji …." Ketika menyisir rambut, biasanya akan diikuti dengan lepas/rontoknya beberapa helai rambut, Jika memang itu diperintahkan, pasti Rasulullah Shalallahu 'alaihi wa sallam memerintahkannya. 

Sangat dianjurkan bagi wanita haid untuk banyak berdzikir, membaca Al-Qur'ann (asal tidak menyentuh lembarannya), dan juga banyak berdo'a. Agar tetap dekat dengan Allah, karena iman wanita ketika haid sedang lemah. 

Wallahu a'lam bisshawab..


Related Articles