Sabtu, 18 Juni 2016

Aurat Ditutup Bukan Hanya Dibungkus

Kak kan leher trmasuk juga dalam aurat,kalo kita memakai jilbab yang masih terlihat bentuk lehernya,walaupun udah pakek dalemam kerudung apa boleh ?? Putri Allysia

Assalamu'alaikum,

Aurat itu ditutup bukan hanya dibungkus, Apa bedanya? Kita bisa membaca dari hadits dimana ada wanita yang dilaknat karena berpakaian tapi masih seperti orang tidak berpakaian, atau dikatakan berpakaian tapi telanjang. Sebab, sekalipun berpakaian tetapi masih memperlihatkan lekuk-lekuk tubuhnya atau juga sampai ada yang terlihat dari luar bagian-bagian tubuhnya.

Apakah cara berpakaian yang masih memperlihatkan lekuk tubuh bisa disebut dengan menutup aurat? Tentu tidak, itu sebab aurat itu harus ditutupi sempurna, dengan tidak memperlihatkan lekuk tubuh, bukan hanya dibungkus saja.

Dari Aisyah ra, bahwa Asma’ binti Abi Bakar ra, masuk kerumah Rasulullah Shalallahu 'alaihi wa sallam sedang ia memakai pakaian yang tipis, maka Rasulullah Shalallahu 'alaihi wa sallam langsung berpaling lalu ia bersabda : "Hai Asma’, sesungguhnya seorang wanita apabila ia telah dewasa sebab telah datang haidh, tidak boleh terlihat lagi dari badannya kecuali ini dan ini, dan Nabi menunjuk ke mukanya dan dua telapak tangannya." (HR. Abu Daud, dengan sanad shahih).


Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, 
"Ada dua golongan dari penduduk neraka yang belum pernah aku lihat: Suatu kaum yang memiliki cambuk seperti ekor sapi untuk memukul manusia dan para wanita yang BERPAKAIAN TAPI TELANJANG, berlenggak-lenggok, kepala mereka seperti punuk unta yang miring. Wanita seperti itu tidak akan masuk surga dan tidak akan mencium baunya, walaupun baunya tercium selama perjalanan sekian dan sekian.” (HR. Muslim no. 2128)

Biar lebih jelas beda antara menutup dengan hanya membungkus bisa saya contohkan dengan Televisi yang ditutupi kain yang lebar dengan permen loli yang dibungkus ketat. Mana yang lebih dengan mudah terlihat bentuknya dari luar?

Begitupun dengan aurat, perintah menutup aurat adalah agar orang lain tidak melihat apa yang ada dibalik penutupnya. Semoga dipahami, wallahu a'lam bisshawab.


Related Articles