Senin, 20 Juni 2016

Apakah Doa Orang yang Terdzalimi Dikabulkan?

apakah doa org ter-dzalimi akan cepat terkabulkan? Sardianni

Assalamu'alaikum, bismillah..

Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam berpesan kepada Mu'ad bin Jabal saat mengutusnya ke Yaman, "Dan takutlah doa orang ter-dzalimi, karena tidak ada hijab (penghalang) antara ia dengan Allah." (Muttafaq 'alaih)

Pada dasarnya, memang dibolehkan bagi orang yang di dzalimi dan teraniaya untuk membela dirinya salah satu bentuknya adalah dengan mendo'akan keburukan atas orang yang mendzaliminya.

"Allah tidak menyukai ucapan buruk, (yang diucapkan) dengan terang kecuali oleh orang yang dianiaya. Allah adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui." (QS. Al-Nisa': 148)

Namun bagi orang yang lebih memilih untuk bersabar, itu lebih baik baginya .. bahkan pahalanya dikatakan tanggungan Allah .. artinya? pahalanya tanpa batas, masyaa Allah.

"Maka Barang siapa memaafkan dan berbuat baik maka pahalanya atas (tanggungan) Allah." (QS. Al-Syuura: 40)

Salah satu momen emas dimana do'a kita diijabah Allah, adalah saat kita di dzalimi .. Sayang sekali jika peluang itu digunakan untuk mendo'akan orang yang men-dzhalimi kita dengan tujuan untuk membalas .

Bukankah lebih baik digunakan untuk mendo'akan KEBAIKAN KITA DUNIA DAN AKHIRAT? ditambah dengan tambahan pahala ...

Lagipula hati-hati .. jangan-jangan orang tersebut sebenarnya tidak sedang mendzalimi kita, jangan-jangan hanya perasaan kita saja yang GR merasa sedang di dzalimi, atau bahkan mungkin kita yang sedang mendzalimi dia dengan banyak prasangka dan Pikiran buruk kita.

Wallahu a'lam bisshawab.


Related Articles