Minggu, 19 Juni 2016

Munculnya Dabbat Al-Ard Adalah Tanda Kiamat

Assalamu'alaikum kak, kak katanya nanti pas hari kiamat Dab'at Al'ard bakal muncul dan menandai muslim yg sebenarbenarnya, nah Dab'at Al'ard itu apa ya kak? Mereka itu seperti apa? Syukron kak khoirunnisads

Wa'alaikumussalam, bismillah..

Di dalam Al-Qur'an dijelaskan akan munculnya binatang melata (makhluk yang bergerak), di hari di mana telah berlaku ketentuan masa kehancuran alam. Allah Berfirman, (yang artinya):

"Dan apabila perkataan (azab) telah jatuh atas mereka, Kami keluarkan sejenis binatang melata dari bumi, yang akan mengatakan kepada mereka, bahwa sesungguhnya, manusia dahulu (di dunia) tidak yakin kepada ayat-ayat Kami." – (QS.27:82)

Dan hadits yang berkaitan dengan ayat ini, Hudzaifah bin Asid al-Ghifari berkata, "Rasulullah Shalallahu 'alaihi wa salalm memuliakan kita berada di aula sementara kita berdiskusi tentang masalah hari kiamat, lalu beliau bersabda, "Hari kiamat tidak akan terjadi sebelum kalian melihat 10 tanda-tandanya, antara lain: terbitnya matahari dari barat, adanya asap, munculnya binatang (yang dapat bicara), keluarnya Ya'juz dan Ma'juz, keluarnya Isa bin Maryam dan Dajjal, serta terjadinya tiga gerhana: gerhana di barat, di timur, dan jazirah Arab, kemudian adanya api yang keluar dari penjuru daerah 'Adn yang membangunkan manusia ketika tidur malam maupun tidur siang." (HR. Muslim).

Lalu hadits dari Ibnu Umar r.a ketika menafsirkan firman Allah surat ke 27 ayat 82 ini, beliau berkata, "(Munculnya binatang ini) ketika manusia tidak lagi menyuruh kebaikan dan tidak ada yang mencegah dari kemungkaran." (HR. Hakim).

Sudah cukup jelas ya? Tidak pernah bosan saya tulis ini, terlepas dari tanda kiamat dan kiamat itu kapan datangnya, kita hanya diharapkan selalu mengingat pemutus nikmat. Tanpa perlu harus diingatkan dengan tanda-tanda kiamat saja.

Karena usia tidak menunggu kiamat, yang paling penting adalah jangan sia-siakan waktu untuk bersegera melakukan ketaatan dan amalan baik. Semoga kita dipanggil-NYA dalam keadaan baik, karena selalu menjauhi dan menjaga diri dari perbuatan yang Allah murkai, in syaa Allah, aamiin.

Wallahu a'lam bisshawab.




Related Articles