Sabtu, 18 Juni 2016

Hanya Membaca Surat Al-Fatihah dalam Rakaat Ketiga dan Keempat

Assalamualaikum kak, mau tanya apa benar kak kalau kita shalat isya jamaah maupun munfarid itu pada rakaat ke3 dan 4 hanya membaca surat Al-Fatihah saja? Alyssa Assegaff

Wa'alaikumussalam, bismillah..

Ada perbedaan pendapat mengenai ini,

Sebagian ulama menganjurkan agar tetap membaca surat atau beberapa ayat di rakaat ketiga dan keempat. Ini adalah pendapat Abu Bakr As-Shidiq radhiyallahu ‘anhu.

Dan sebagian ulama lagi menganjurkan agar cukup membaca Al-Fatihah saja dan tidak membaca surat. Ini adalah pendapat mayoritas ulama, diantaranya Hanafiyah dan Hambali.

Sedangkan Imam As-Syafii memiliki dua pendapat: pendapat pertama beliau menganjurkan membaca surat seusai Al-Fatihah di rakaat ketiga dan keempat, dan kedua beliau menganjurkan agar cukup membaca Al-Fatihah saja. (Ta’liq Ashlu Shifat Shalat Nabi, hlm. 2/468).

Berdasarkan kesimpulan di atas, ulama sepakat bahwa boleh hanya membaca surat Al-Fatihah saja ketika rakaat ketiga dan keempat. Juga terdapat riwayat dari Abu Qatadah radhiyallahu ‘anhu, beliau menceritakan,

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam membaca di dua rakaat pertama shalat dzuhur dengan Al-Fatihah dan surat, sementara di dua rakaat terakhir hanya membaca Al-Fatihah. (HR. Bukhari 776, Muslim 451, dan yang lainnya).

Wallahu a'lam bisshawab.


Related Articles