Senin, 20 Juni 2016

Menyontek = Melanggar Aturan Allah

assalamualaikum kak sat. aku mau tanya dong. kalau mencontek kan dosa, trus kalau menjawab pertanyaan temen pas ujian boleh gak sih? mau nolak kak, tapi gatau gimana cara nolak supaya temennya gak kecewa. makasih kak 😊 Mega Ardisa Hapsari

Wa'alaikumussalam, Ini pernah dibahas sebetulnya :)

Kalau menjawab pertanyaan teman saat ujian, itu namanya memberikan contekan bukan? sejauh pemahaman saya. Dan kita harus tahu dahulu, perbuatan dosa itu adalah perbuatan melanggar aturan Allah juga melanggar aturan yang ditetapkan manusia yang mengacu kepada syariat agama.

Sudah jelas yang namanya mencontek itu termasuk perbuatan curang, Allah Subhanahu Wa Ta'ala memperingatkan dengan KERAS perbuatan curang, apapun itu. "Sekali-kali JANGAN CURANG, karena sesungguhnya kitab orang yang durhaka tersimpan dalam sijjin." – (QS.83:7)

Artinya? Jangan pernah menganggap sepele perbuatan ini, walaupun hanya mencontek saat ujian. Karena ini adalah cikal bakal dari kebiasaan buruk yang akan terus dilakukan dan nantinya akan menganggap sepele perbuatan dosa, naudzubillahi min dzalik.


Lalu bagaimana hukumnya jika kita memberikan contekan kepada orang lain ketika ujian?

"Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan taqwa, DAN JANGAN TOLONG MENOLONG DALAM BERBUAT DOSA DAN PELANGGARAN. Dan bertaqwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya, Allah amat berat siksa-Nya." – (QS. 5:2)

Jika ada yang meminta jawaban ketika ujian, diamkan saja. Cukup pura2 tidak mendengar, ini adalah salah satu usaha kita peduli terhadap diri kita, juga sebagai rasa peduli kita kepada mereka. Kalaupun mau saling tolong menolong, coba sebelum ujian ajak temannya belajar bareng, saling menolong di waktu dan saat yang tepat. Sibukkan malaikat yang mencatat segala amal baik kita dengan jujurnya kita, jangan sampai menyibukkan malaikat pencatat amal buruk.

Wallahu a'lam bisshawab.


Related Articles