Senin, 20 Juni 2016

Ujian Ataukah Teguran?

bagaimana membedakan ujian yg krn menaikan level keimanan dg ujian karena dosa yg lampau? Sitronella N H

Assalamu'alaikum, Bismillah..

Yang kita harus bedakan itu, mana TEGURAN dan mana UJIAN dari Allah.

Tentunya berbeda, karena yang namanya UJIAN adalah untuk orang-orang yang Allah inginkan " naik kelas " .. seperti orang-orang shaleh terdahulu, tingkat ujian-Nya pun disesuaikan dengan tingkat keimanan seseorang. Karena surga itu untuk orang-orang pilihan bukan? hanya orang-orang yang mampu lolos dari ujian Allah dan yang membuat Allah ridha bisa untuk masuk kedalamnya, dengan panggilan lembut dengan diiringi salam dari para malaikat :')

Ketika kita berusaha memperbaiki diri, berhijrah untuk lebih dekat dengan Allah, konfirmasi demi konfirmasi berupa ujian akan Allah 'sodorkan' kepada kita, benarkah kita ingin berubah? atau hanya sekedar kata-kata? selalu akan ada ' harga ' yang harus kita ' bayar ' untuk sebuah perubahan ke arah yang jauh lebih baik itu bukan? karena surga hanya pantas bagi orang-orang pilihan yang memang sudah teruji imannya, dan ujian itu bukan hanya sekedar kesulitan, tetapi juga dalam kemudahan.

"Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: "kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sesungguhnya Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta." (QS. Al-Ankabut :2-3)

Beda lagi dengan TEGURAN, itu adalah untuk orang-orang yang Allah inginkan "sadar" dan bersegera untuk taubat, mereka adalah orang-orang yang tidak beriman, yang sekali lagi ALLAH harapkan, lewat tegurannya berupa kesulitan hidup, musibah dll membuatnya mengingat Allah dan bersegera melakukan ketaatan.

"Apa saja nikmat yang kamu peroleh adalah dari Allah, dan apa saja bencana yang menimpamu maka dari (kesalahan) dirimu sendiri." (QS An Nisa`: 79)

"Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu)." (QS. Asy Syura : 30)

Semoga kita mampu membedakan .. setiap apa yang menimpa, apakah itu UJIAN ataukah TEGURAN.

Wallahu a'lam bisshawab.


Related Articles