Minggu, 19 Juni 2016

Mencintai Orang Lain Karena Allah

Assalamualaikum... ka saya mau nanya. Di dlm hadist kan rasul bersabda yg intinya kek gini apabila kamu ingin merasakan manis nya iman itukan salah satunya mencintai orang lain karna Allah, pertanyaan nya, mencintai orang lain karna Allah itu seperti apa ? tolong ans ka gema rizalrasidin

Wa'alaikumussalam, bismillah..

Mencintai orang lain karena Allah itu maknanya adalah mencintai orang lain karena ketaatannya kepada Allah Azza wa Jalla, atau cinta di jalan Allah.

Mencintai orang lain karena Allah itu tidak sesempit hanya dalam ruang lingkup antara dua insan saja, namun lebih luas dari itu.

Contohnya: Ketika kita mendo'akan kebaikan untuk orang lain tanpa sepengetahuannya, mendo'akan kebaikan orang yang menyakiti kita, saling ingatkan dalam kebaikan antara sesama dan seterusnya.

Begitupun mencintai karena Allah antara lawan jenis, disini tentunya harus dibedakan mana yang mencintai karena Allah Azza wa Jalla dan mana yang sekedar cinta karena ketertarikan saja, dan keduanya jelas berbeda. Hal itu dapat dilihat dari motif dasar dia mencintai. Apakah dasarnya adalah agama dan keshalihannya ataukah tidak?

Kalau seandainya seseorang itu benar-benar cintanya karena Allah, maka pasti dia akan berusaha berjalan sesuai dengan syari’at agama Allah, dan tidak akan melanggar ketentuan-ketentuan dan larangan-larangan dari Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Seorang laki-laki yang mencintai seorang wanita karena Allah, sebelum dia mampu menghalalkan.. dia memilih untuk menjauh, tiada lain untuk menghindari fitnah dan dosa. Dia yang memilih untuk menjaga orang yang dia cintai dengan menjauh dan menahan dirinya dari aktivitas mendekati zina.

Dia yang berhasil menyimpan cinta dan memampukan dirinya untuk bersibuk dalam ketaatan kepada Rabb nya. Dia yang menghadirkan Allah dihatinya, sehingga tidak ada ruang sedikitpun untuk bermaksiat kepada-Nya.


Related Articles