Minggu, 19 Juni 2016

Apa Itu Imsyak? Kapankah Jadwal Imsyak?

assalammualikum kak mau tanya sebenernya apa gunanya peringatan imsyak ? jika adzan subuh jg bisa dijadikan sbg patokan telah dimulainya puasa? Erviana Asmi

Wa'alaikumussalam, bismillah..

Istilah ‘imsyak’ yang sangat populer di sini sebenarnya merupakan istilah yang agak salah kaprah. Sebab makna imsyak adalah puasa, bukan ‘bersiap-siap untuk puasa 10 menit lagi’.

Kalau kita bertanya kenapa ada jadwal imsyak di Indonesia, ini memang pertanyaan menarik. Indonesia punya karakter unik yang terkadang tidak dimiliki oleh negara di mana agama Islam ini berasal. Salah satunya imsyak. Bahkan sampai ada istilah jadwal imsakiyah. Padahal maksudnya adalah jadwal waktu-waktu shalat. Karena kebetulan dicantumkan juga waktu ‘imsyak’ yang kira-kira 10 menit sebelum subuh itu, akhirnya namanya jadi seperti itu.

Sayapun sampai sekarang tidak mengerti, istilah siap-siap sebelum masuk subuh itu asalnya darimana. Apalagi dengan menentukan 10 menit sebelum waktu subuh, disebut dengan jadwal imsyak. Kenapa tidak 5 menit atau 15 menit? Pasti tidak ada yang bisa menjawab, dan memang ga ada jawabannya.

Yang jelas, penentuan waktu mulai kita berpuasa yang paling kuat menurut para Ulama adalah ketika sudah terdengar adzan subuh.

"Dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam." (QS. Al Baqarah: 187). 

Dalam ayat ini dijelaskan bahwa Allah Ta’ala membolehkan makan sampai terbitnya fajar subuh.

Kalau kita tidak yakin dengan munculnya fajar shodiq, kita masih boleh makan sampai yakin fajar shodiq itu muncul. Kita masih boleh makan jika kita merasa bahwa muadzin biasa mengumandangkan sebelum waktunya. Atau juga masih boleh makan, kalau kita ragu adzan dikumandangkan tepat waktu atau sebelum waktunya.

Kondisi semacam ini masih dibolehkan makan sampai kita yakin sudah muncul fajar shodiq, tanda masuk waktu shalat shubuh. Namun lebih baik, dan untuk kehati-hatian.. kita menahan diri dari makan dan minum setelah terdengar suara adzan subuh.

Wallahu a'lam bisshawab.

Related Articles