Kamis, 04 Agustus 2016

Ujub dalam Hijrah

Pertanyaan
Dari: salsabilah

Bismillah kak gem, ada yg nanya tp gak tau jwbnnya mngkn bsa bantu.... Assalamu'alaykum, afwan sy sdh mulai hijrah, ap sy slh bila merasa diri ini lbh baik dr waktu sblm hijrah, krn merasa sdh mengerjakan bbrp hal yg sunnah n ilmu agama pun lbh meningkat dr sblmnya, ap itu trmsk membangga"kan diri? 


Jawaban:

Wa'alaikumussalam,

Jika perasaan itu timbul dengan tidak merasa lebih baik dari orang lain, itu tidak mengapa. Namun harus sangat hati-hati, karena sangat tipis bedanya dengan ujub.. Baiknya banyak bermuhasabah dengan kekurangan-kekurangan diri, dan menyibukkan diri dengan memperbaiki diri, sehingga tidak memberikan waktu dan juga tidak memberikan peluang bagi iblis untuk menggoyang niat.

Banyak berdo'a, memohon kepada Allah agar dijauhkan dari segala godaan dan penyakit hati.. agar niat kita tetap lurus karena Allah semata. Orang yang berbuat ikhlas akan senantiasa takut dirinya terkena 'penyakit hati' yang tercela, seperti riya’, sum'ah, ujub dan takabur.

Salah satu ikhtiarnya adalah bersungguh-sungguh melawan tipu daya Iblis dan 'memalingkan pandangan' manusia agar tidak memperhatikan amal-amal shalihnya. Dia akan berupaya keras meyembunyikan amalnya, dengan harapan, supaya ikhlas amalnya, dan agar Allah membalas pada hari Kiamat dengan keikhlasannya. Memang pada awalnya berat, tetapi jika sabar, Allah pasti akan menolongnya.

Selalu ingatkan kepada diri kita sendiri, amalan kita sangatlah sedikit bahkan tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan hak Allah yang harus kita tunaikan untuk-Nya.


Related Articles