Minggu, 07 Agustus 2016

Arti Kepemimpinan dan Karakter Pemimpin di dalam Islam

Assalamu'alaikum kak satria. Mau nanya tentang arti kepemimpinan di dalam islam. Dan sifat sifat yg harus ada pada pemimpin islam Terima kasih :) Rahmat Dwi H

Wa'alaikumussalam :)

"Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat: "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi". Mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui'. (QS. 2: 30)

Ayat ini menerangkan bahwa manusia adalah seorang khalifah (pemimpin) di muka bumi, yang mengemban amanah dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Dan pada prinsipnya menurut Islam, setiap orang adalah pemimpin. Ini sejalan dengan fungsi dan peran manusia di muka bumi sebagai khalifah, yang diberi tugas untuk senantiasa mengabdi dan beribadah kepada-Nya di dalam segala aspek kehidupan. Karena dalam Islam, apapun menjadi ibadah baginya jika dilakukan dengan mengikuti 'aturan' dari Allah. 

Dan didalam menjalani kehidupan, manusia pun memiliki pemimpin-pemimpin diantara kaumnya, manusia diperintahkan taat kepada pemimpin yang juga mentaati Allah Subhanahu Wa Ta'ala:

"Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah Subhanahu Wa Ta'ala dan taatilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara kamu. Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al Qur’an) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya." (QS. 4: 59)

Ayat ini menunjukkan ketaatan kepada ulil amri (pemimpin) harus dalam rangka ketaatan kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala dan Rasulnya.


Lalu sifat-sifat apa yang harus ada pada diri seorang pemimpin Islam? Allah yang menjawab:

"Kami telah menjadikan mereka itu sebagai pemimpin-pemimpin yang memberi petunjuk dengan perintah Kami dan telah Kami wahyukan kepada mereka mengerjakan kebajikan, mendirikan sembahyang, menunaikan zakat, dan hanya kepada Kamilah mereka selalu menyembah". (QS. 21: 73)

"Wahai orang-orang yang beriman, jadilah kamu orang yang benar-benar menegakkan keadilan, menjadi saksi karena Allah biarpun terhadap dirimu sendiri atau bapak ibu dan kaum kerabatmu. Jika ia kaya atau miskin, Allah lebih mengetahui kemaslahatan keduanya". (QS. 4: 135)

"Sesungguhnya Allah menyuruh kamu menyampaikan amanat kepada yang berhak menerimanya, dan (menyuruh kamu) apabila menetapkan hukum di antara manusia supaya kamu menetapkan dengan adil. Sesungguhnya Allah memberi pengajaran yang sebaik-baiknya kepadamu. Sesungguhnya Allah adalah Maha Mendengar lagi Maha Melihat". (QS. 4 : 58)

"Hai Daud, sesungguhnya Kami menjadikan kamu khalifah (penguasa) di muka bumi, maka berilah keputusan (perkara) di antara manusia dengan adil, dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu, karena ia akan menyesatkan kamu dari jalan Allah. sesungguhnya orang-orang yang sesat dari jalan Allah, akan mendapat azab yang berat, karena mereka melupakan hari perhitungan." (QS.38 :26)


Related Articles