Kamis, 04 Agustus 2016

Agar Allah Mengabulkan Doa Kita

Pertanyaan

Assalamu'alaikum kak, aku mau tanya soal cara berdo'a kita ke Allah. menurut kakak do'a yg tdk terkesan mendikte kepada Allah itu gmna? makasih😊


Jawaban:

Wa'alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh,

Bagaimana agar do'a kita diijabah? Allah yang menjawab:

Allah berfirman, yang artinya : "Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdo'a apabila ia berdo'a kepada-Ku, MAKA HENDAKLAH MEREKA ITU MEMENUHI (SEGALA PERINTAH)-KU dan HENDAKLAH MEREKA BERIMAN KEPADAKU, agar mereka selalu berada dalam kebenaran." – (QS.2:186)

Penuhi segala perintah Allah dan beriman kepada Allah :)

Berdo'a itu dikatakan ibadah ketika diiringi dengan penghambaan yang tulus. Bukan ibadah yang bertujuan HANYA 'mengambil manfaat' dari keMAHA an Allah dengan sifat-sifat-NYA.

Contohnya ketika keinginan kita untuk mendapatkan surga-NYA, keinginan itu tentunya memiliki konsekuensi bukan? melalui peristiwa-peristiwa yang Allah 'suguhkan' , melalui 'ketentuan-ketentuan' yang sudah Allah turunkan melalui ayat-ayat Qauliyah dan kauniyah-NYA, tentunya do'a nya diiringi ikhtiar.

Janganlah beribadah hanya ketika kita memiliki hajat saja, atau memohon kepada Allah dengan memaksa untuk dikabulkan dengan kecewa jika tidak kunjung terkabul, bukan essensi ibadah kepada Allah yang dutamakan, Itu bentuk permintaan yang tidak tadhoru, atau tidak benar benar hadir dihadapan Allah.

When we pray, Allah hears more than we say, answers with more than we ask and gives more than we imagine, in His own time & in His own way .. The point of du'a is the conversation with Allah .. not the outcome.

Wallahu a'lam bisshawab.


Related Articles