Minggu, 07 Agustus 2016

Macam-Macam Bacaan Saat Sujud

Pertanyaan
Dari: Atikah Rahma

Kak mau tanya, bacaan sujud untuk ayat yang menganjurkan untuk bersujud itu beda" atau sama aja ya kak? Sekalian tolong kasih tau bacaannya apa aja ya kaka. Syukron 


Jawaban:
Assalamu'alaikum, bismillah..

Bacaan ketika sujud yang dicontohkan Rasulullah Shalallahu 'alaihi wa sallam itu ada beberapa bacaan, saya kutip terjemahannya:

1. Sebagaimana disebutkan dalam hadits Hudzaifah r.a, ia berkata bahwa Ia pernah shalat bersama Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, lantas beliau mengucapkan ketika ruku’ ‘subhanaa robbiyal ‘azhim (artinya: Maha Suci Rabbku Yang Maha Agung)’ dan ketika sujud, beliau mengucapkan ‘subhanaa robbiyal a’laa (artinya: Maha Suci Rabbku Yang Maha Tinggi).(HR. Muslim no. 772 dan Abu Daud no. 871).

2. Dibolehkan juga membaca, "Subhana robbiyal a’laa wa bi hamdih (artinya: Maha Suci Rabb-ku Yang Maha Tinggi dan pujian untuk-Nya)". Ini dibaca tiga kali. (HR. Abu Daud no. 870, shahih)

3. Begitu juga ketika sujud bisa memperbanyak membaca, "Subhanakallahumma robbanaa wa bihamdika, allahummaghfir-lii (artinya: Maha Suci Engkau Ya Allah, Rabb kami, pujian untuk-Mu, ampunilah aku)". (HR. Bukhari no. 817 dan Muslim no. 484).

4. Dan juga diperbolehkan membaca: "Subbuhun qudduus, robbul malaa-ikati war ruuh (artinya: Mahasuci, Maha Qudus, Rabbnya para malaikat dan ruh -yaitu Jibril-).” (HR. Muslim no. 487)

Dan dalam SUJUD, kita boleh saja berdo’a setelah membaca do'a sujud dengan do’a yg bersumber dari Al Qur’an. Seperti do’a sapu jagad (QS. Al-Baqarah :201), Alasannya karena niatan ketika itu adalah bukan untuk tilawah Al Qur’an, namun untuk berdo’a. Do’a ini telah mencakup permohonan kebaikan di dunia dan akhirat. Juga dibolehkan membaca do'a dengan keinginan sendiri https://muslimpathway.blogspot.co.id/2016/08/bolehkah-berdoa-memakai-bahasa.html


Related Articles