Minggu, 07 Agustus 2016

Tentang Membaca Surat di Belakang Imam

Pertanyaan

assalamualaikum ka .. saya mau tanya, kalo kita berjamaah di mesjid saat sholat apakah harus mendengarkan imam membaca surat" yg dibacanya atau sambil ditiru ? bahkan kalo bacaannya kita bedain sma imam itu gmana ? 


Jawaban:
Wa'alaikumussalam,

Ada khilaf diantara para Ulama tentang ini, saya tuliskan perbedaannya:

1. Mazhab Malikiyah dan Hanabilah
Menurut kedua mazhab ini, makmum harus membaca bacaan shalat di belakang imam pada shalat sirriyah (bacaan pelan) yaitu shalat dzuhur dan Ashar. Sedangkan pada shalat jahriyah (bacaan keras), makmum tidak membaca bacaan shalat.. cukup mendengarkan imam.

Namun bila pada shalat jahriyah itu makmum tidak dapat mendengar suara bacaan imam, maka makmum wajib membaca bacaan shalat.


2. Mazhab Hanafiyah
Mazhab ini menyebutkan bahwa seorang makmum tidak perlu membaca apa-apa bila shalat di belakang imam, baik pada shalat jahriyah maupun shalat sirriyah.


3. Mazhab Syafi’iyyah
Mazhab ini mengatakan bahwa pada shalat sirriyah, makmum membaca semua bacaan shalatnya, sedangkan pada shalat jahriyah makmum membaca Al-Fatihah saja, berdasarkan dalil, dimana tidak sah shalat jika tidak membaca surat Al-Fatihah.


Semua perbedaan ijtihad ini berasal dari perbedaan nash yang multitafsir, sehingga mengantarkan kepada bentuk pemahaman yang berbeda juga.

Bila dilihat dari masing-masing dalil itu, masing-masing sama kuat walaupun hasilnya tidak sama. Dan hal ini tidak menjadi masalah karena sudah menjadi hasil ijtihad.

Apa yang disebutkan oleh kalangan mazhab Syafi'iyah bahwa makmum wajib membaca Al-Fatihah di shalat Jahriyah maupun sirriyah adalah hasil dari penggabungan beragam dalil itu.

Sebagai bentuk kehati-hatian, lebih baik makmum membaca sendiri ketika bacaan imam tidak terdengar, namun jika bacaan imam terdengar, makmum cukup mendengarkan. Dan khusus surat Al-Fatihah, sebaiknya dibaca .. Karena ada dalil yang memerintahkan untuk membaca Al-Fatihah, jika tidak dibaca maka shalatnya tidak sah.

Wallahu a'lam bisshwab.

Related Articles