Minggu, 07 Agustus 2016

Hasil Tidak Akan Mengkhianati Ikhtiar

Pertanyaan

assalamualaikum kak😊 saya seorang mahasiswa. beberapa waktu lalu saya mendapatkan hasil ujian dan dri 18 matakuliah saya dpet C ada 5. saya ingin belajar iklash tapi sulit dan timbul rasa tdk percya diri untuk smster 3 ini , bgaimana belajar iklash kak? trus menumbuhkan kepercayaan diri sya lgi? 


Jawaban:
Wa'alaikumussalam, Hasil itu tergantung dari seberapa keras kita berusaha bukan? Jika hasilnya tidak sesuai dengan harapan, tandanya usaha kita belum maksimal. Terima saja, lalu tinggal menyusun rencana baru untuk berusaha lebih keras, di semester selanjutnya.

Lita pasti tahu, bahwa segala hal itu ada prosesnya, ada tahapan-tahapannya. Perubahan yang kecil dikalikan dengan rutinitas yang berkualitas, adalah sama hasilnya dengan perubahan besar. Maka tugas selanjutnya adalah memaksimalkan rutinitas yg berkualitas, agar terjadi berubahan besar yg Lita inginkan. 

Banyak dari kita yang sering sekali tidak sabar, ingin semua serba cepat, dengan hasil yg maksimal. Allah pun menciptakan alam semesta dan makhluknya dengan sebuah proses, agar kita bisa mengambil pelajaran, yaitu untuk 'dealing' dengan yang namanya BERSABAR.

Allah itu Hebat, kesetimbangan kita tidak terganggu oleh prosesnya kita tumbuh.

Saat kita buru buru menginginkan segala sesuatu, justru kesetimbangan kita akan terganggu oleh kata "harus segera, harus cepat", dan akhirnya justru perubahan itu tidak terjadi dengan baik. 

Bersabarlah dengan prosesnya, setiap orang menjalani 'proses'nya masing-masing. Lita pun demikian, jangan memandang hanya dari sisi 'nilai' yang diperoleh saja. Tetapi bagaimana prosesnya, maknai prosesnya. Kegagalan yang sesungguhnya adalah ketika kita sudah berhenti berusaha dan berdo'a. 

Banyak orang hebat yang ditempa dengan usahanya yang jatuh bangun. Bukan tentang, "berapa nilai yang didapat" namun tentang bagaimana kita bisa meninggikan kualitas diri dan bermanfaat dimanapun kita menuntut ilmu. 

"Sesungguhnya Allah tidak merubah suatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri .. " – (QS.13 :11)

Orang-orang hebat itu bukan orang-orang yang tidak pernah gagal, tapi mereka yang TIDAK PERNAH MENYERAH. Mereka yang menyadari jika kegagalannya adalah tanda dia belum maksimal dalam ikhtiarnya.

Kita lihat seorang T.A.Edison menemukan lampu pijar, dia melakukan usaha dengan 2.000 eksperimen hingga akhirnya berhasil. Seorang reporter muda bertanya tentang rasanya mengalami begitu banyak kegagalan. Jawab Thomas, "Saya tidak pernah gagal sekali pun. Saya berhasil menemukan lampu pijar. Hanya saja itu butuh proses sebanyak 2.000 tahap."

Karena itu, kalau saat ini kita sudah mengalami kegagalan, jangan biarkan diri kita terpuruk berlama-lama, Allah itu Maha Bijaksana. DIA hanya meminta kita untuk belajar di 'kelas' yang sesuai dengan apa yang hati kita masih 'lemah' atau masih memerlukan perbaikan.

Ingatkan kepada diri sendiri, dengan amanah ALLAH dengan telah memberikan kesempatan untuk duduk di tempat dimana banyak orang yg memimpikan menjadi seorang mahasiswa . Apakah kita pantas mengeluh, apakah kita pantas menyerah, padahal Allah terlalu tau soal kemampuan kita?

Jangan sampai mengecewakan diri sendiri, orang tua, orang-orang yang ingin berada disana, mereka yang tidak seberuntung kita .. dan Allah :)


Related Articles