Senin, 08 Agustus 2016

Cara Berterima Kasih

Pertanyaan

Assalamu'alaikum, Kak mau tanya menurut kakak cara menyampaikan rasa terimakasih dari orang2 yg telah berbuat banyak kebaikan pada kita (Tentunya semua itu atas izin Allah) itu gimana? syukran ka😊 


Jawaban:
Wa'alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh, ini yang banyak belum tau..

Berterima kasih atas pemberian atau kebaikan orang lain kepada kita adalah tanda bersyukur kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Itu sebab, salah satu adab yang paling utama ketika kita mendapatkan kebaikan atau pemberian dari orang lain, sudah sepantasnya kita mengucapkan rasa terima kasih sebagai tanda syukur kita kepada Allah.

Artinya: "Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata, bahwa Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: "Tidak bersyukur kepada Allah seorang yang tidak bersyukur kepada manusia." (HR. Abu Daud di shahihkan dalam kitab Silsilat Al Ahadits Ash Shahihah, 1/702).

Dan ucapan yang paling baik adalah dengan do'a kebaikan untuk orang tersebut:

Usamah Bin Zaid berkata, bahwasanya Rasulullah Shalallahu 'alaihi wa sallam bersabda. (artinya), "Barangsiapa yang diberikan satu perbuatan kebaikan kepadanya lalu dia membalasnya dengan mengatakan jazaakallahu khairan (semoga Allah membalasmu dengan kebaikan), maka sungguh hal itu telah mencukupi dalam menyatakan rasa syukurnya." (HR.Tirmidzi, Nasa'i, Ibnu Hibban, dan Al-Bazzar, dishahihkan dalam kitab Shahih Al jami’, no. 6368).


Related Articles