Senin, 08 Agustus 2016

Bolehkah Shalat Rawatib Dzuhur Setelah 1 Jam Adzan Berlalu?

Pertanyaan
Dari: nsa.

assalamualaikum untuk sholat sunah sebelum dzuhur misalnya, apakah boleh dilakukan saat udh 1 jam waktu adzannya berlalu ? 


Jawaban:
Wa'alaikumussalam, bismillah..

Batasan mengenai qabliyah dan ba’diyah, telah dijelaskan Ibnu Qudamah (artinya):

"Semua shalah sunah qabliyah, batas waktunya antara masuknya waktu shalat sampai pelaksanaan shalat wajib. Dan semua shalat sunah ba’diyah, batas waktunya sejak selesai pelaksanaan shalat hingga selesai waktu shalat." (al-Mughni, 1/799).

Jadi, jika melakukan shalat sunnah qabliyah ataupun ba'diyah setelah benar-benar masuk waktu shalat, dan tidak melewati batas waktu, status shalatnya sah.

Tentunya waktu yang paling afdhal dan paling utama adalah shalat tepat pada waktunya (awal waktu). Para ulama sepakat bahwa yang paling afdhal adalah mengerjakan shalat pada waktunya (awal waktu). Namun dikecualikan dua shalat:

1. Shalat Isya’ -menurut jumhur atau mayoritas ulama- disyariatkan diakhirkan. Ini ditujukan bagi orang yang shalat munfarid atau mereka yang berjamaah namun atas kesepakatan mereka, yaitu diakhirkan hingga akhir 1/3 malam pertama atau sebelum pertengahan malam.

Dalilnya:
Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, ia berkata, "Suatu malam Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mendirikan shalat ‘atamah (isya) sampai berlalu malam dan penghuni masjid pun ketiduran, setelah itu beliau datang dan shalat. Beliau bersabda, ‘Sungguh ini adalah waktu shalat isya’ yang tepat, sekiranya aku tidak memberatkan umatku’.” (HR. Muslim no. 638)


2. Shalat Dzuhur ketika cuaca begitu panas, disunnahkan untuk diakhirkan hingga cuaca tidak terlalu panas, yang penting sebelum masuk waktu Ashar. Dalilnya :

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam : ‘Apabila cuaca sangat panas maka carilah waktu yang dingin untuk shalat, karena hawa panas itu berasal dari hembusan neraka jahannam’." (HR. Bukhari, Kitabul Mawaqiti Shalat, bab Al-Ibrad bi dhuhri fi siddatil harri, dan HR. Muslim, Kitabul Masajid, bab Istihbab Al-Ibrad di dhuhuri).

Dari Ummu Farwah, ia berkata, "Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah ditanya, amalan apakah yang paling afdhal. Beliau pun menjawab, "Shalat di awal waktunya." (HR. Abu Daud no. 426. Shahih)

Wallahu a'lam bisshawab.


Related Articles