Senin, 11 Juli 2016

Ketika Akan Sujud; Lutut atau Tangan Dulu yang Diturunkan?

assalamu'alaikum.. mau nanya dong, di dalam shalat ketika mau sujud, tangan atau lutut yg terlebih dahulu dturunkan? maesyarah

Wa'alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh, keduanya diperbolehkan berdasarkan kesepakatan para ulama, namun ada khilaf (perbedaan pendapat) mana yang lebih afdhal diantara keduanya.

Ada pendapat yang paling afdhal adalah mendahulukan lutut, ada yang berpendapat paling afdhal adalah mendahulukan tangan. Paling baik adalah dilihat dari kondisi masing-masing, mana yang lebih mudah baginya. Karena hadits yang membicarakannya, tidak dengan jelas menerangkan. 

Rasulullah Shalallahu 'alaihi wassalam bersabda, "Janganlah salah satu kalian turun untuk sujud sebagaimana bentuk turunnya unta ketika hendak menderum.” (HR. Abu Daud no. 840 dan An Nasai no. 1092, HR. Abu Dawud).

Ringkasnya, terdapat diskusi yang panjang tentang perselisihan menafsirkan hadits ini di kalangan ulama. Pendapat yang paling baik, manakah yang mesti didahulukan apakah tangan ataukah lutut, ini menimbang pada kondisi masing-masing orang, itulah yang dia lakukan. Ada orang yang berat badannya, ada orang yang ringan. Intinya, tidak ada hadits shahih yang marfu’ -sampai pada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam- yang membicarakan hal tadi. (Lihat Sifat Shalat Nabi, Syaikh Abdul ‘Aziz Ath Thorifi, hal. 129).

Wallahu a'lam bisshawab.


Related Articles